Minggu, 10 Desember 2017

ARTI dan CIRI PROFESI ~ mudah dipahami

"Apa itu PROFESI????"


1. Profesi.
    Jenis pekerjaan dimana dalam pelaksanaannya diperlukan pengetahuan, keahlian, dan ketrampilan yang diperoleh melalui pendidikan. Kemudian digunakan dalam aplikasi untuk berhubungan dengan orang lain, dan instansi.[1] Artinya, ia tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang yang tidak dilatih dan tidak disiapkan secara khusus untuk melakukan pekerjaan itu.[2]

Ciri-ciri pekerjaan yang mengandung unsur profesi :
  • Adanya pengetahuan khusus yang biasanya keahlian dan ketrampilan ini dimiliki berkat pendidikan.
  • Adanya kaidah dan standar moral yang sangat tinggi, hal ini biasanya setiap pelaku profesi mendasarkan kegiatannya pada kode etik profesi.
  • Mengabdi pada kepentingan masyarakat. 
Dari ciri-ciri di atas, guru merupakan profesi.[3] Kemudian, munculnya pengakuan guru sebagai pekerjaan profesional tentu didasari alasan. Alasan itulah yang mendorong masyarakat melakukan profesionalisasi guru.


footnote :
[1] Mukhtar dan Erwin A., Mengukir Prestasi : Panduan menjadi Guru Profesional, (Jakarta : Misaka Galiza, 2003), hlm. 11.
[2] Ali Mudlofir, Pendidik Profesional : Konsep, Strategi, dan Aplikasi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia, (Jakarta : PT RajaGrafindo Persada, 2012), hlm. 17.
[3] Nur Khasanah, Etika Profesi dan Profesional Bekerja, (Jakarta : Direktorat Pembinaan SMK, 2013), hlm. 80.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Jitu Belajar Bahasa Arab yang Menyenangkan Dalam rangka pembekalan Musyrif/ah dan pengurus Mabna periode 2018/2019, Ma’had Ja...